8 Manfaat Kurma untuk Kesehatan, Jangan Sampai Terlewatkan!

Manfaat Kurma

Portal Batang – Kurma adalah salah satu buah tertua di dunia yang banyak dibudidayakan di Timur Tengah. Selain cita rasanya yang manis, manfaat kurma bagi tubuh rupanya cukup beragam. Kurma juga mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan mencegah berbagai penyakit. Ketahui lebih lanjut tentang kandungan buah kurma dan berbagai manfaat kurma untuk kesehatan di bawah ini.

Kandungan Buah Kurma

Buah kurma mengandung begitu banyak nutrisi. Pasalnya, dalam 100 gram kurma terkandung sekitar 280 kalori dan beberapa nutrisi lain, seperti:

  • Karbohidrat: 75 gr
  • Gula: 65 gr
  • Serat: 7–8 gr
  • Protein: 2–2,5 gr
  • Kalsium: 65 mg
  • Zat besi: 1 mg
  • Zinc: 0,5 mg
  • Kalium: 650 ml
  • Vitamin A: 150 IU

Selain beberapa nutrisi di atas, buah kurma juga diketahui memiliki kandungan asam folat, vitamin B, vitamin K, dan berbagai jenis antioksidan, seperti flavonoid, karoten, fenolik, dan lutein.

Manfaat Kurma

Manfaat Kurma untuk Kesehatan Tubuh

Meski berukuran kecil, rupanya buah kurma digadang-gadang bisa menjadi salah satu sumber energi, terutama bagi orang yang sedang dalam masa pemulihan. Namun, sebenarnya masih banyak lagi manfaat kurma untuk kesehatan, berikut di antaranya:

1. Membantu Memenuhi Asupan Gizi

Kurma mengandung berbagai vitamin dan mineral yang bisa membantu memenuhi asupan gizi harian, seperti vitamin A, B kompleks, C, E, dan K serta kalsium, zat besi, dan kalium yang dibutuhkan oleh tubuh.

Buah kurma sering kali menjadi hidangan wajib di bulan puasa. Bukan tanpa alasan, manfaat kurma untuk sahur diketahui dapat membantu memenuhi kebutuhan kalori harian agar tubuh tetap dalam kondisi prima selama menjalani puasa. Hal ini dikarenakan kurma memiliki kadar kalori yang tinggi jika dibandingkan dengan buah lainnya karena mengandung banyak gula alami dan sering kali dikeringkan.

2. Menjaga Kesehatan Kulit dan Mata

Vitamin A yang terdapat di dalam buah kurma rupanya bermanfaat dalam menurunkan risiko gangguan mata. Tak hanya itu, kandungan zat asam pantotenat pada buah manis ini juga diketahui dapat membuat kulit menjadi lebih halus dan elastis.

Manfaat Kurma

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat kurma dalam menjaga kesehatan tulang diperoleh dari kandungan selenium, tembaga, mangan, dan magnesium. Pasalnya, zat gizi tersebut diketahui berpotensi menurunkan risiko osteoporosis.

4. Mengontrol Kadar Gula Darah

Meski memiliki rasa yang manis dan kadar gula yang tinggi, namun buah kurma mempunyai indeks glikemik yang bisa dikatakan rendah, sehingga tidak menyebabkan kadar gula darah melonjak dengan cepat. Bahkan, kandungan antioksidan di dalamnya dapat membantu mengontrol kadar gula darah normal dan mencegah resistensi insulin, sehingga aman dikonsumsi penderita diabetes.

5. Menangkal Radikal Bebas

Kurma termasuk salah satu makanan kaya antioksidan yang dapat mengurangi efek radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan berguna untuk melindungi sel dan jaringan tubuh dari stres dan peradangan kronis yang dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit seperti kanker.

Jenis antioksidan yang terdapat pada kurma antara lain flavonoid, fenolik, dan karotenoid yang juga bermanfaat mengurangi risiko gangguan kesehatan pada mata.

6. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat kurma dalam menjaga kesehatan jantung diperoleh dari kandungan magnesium dan kalium. Kedua zat tersebut mampu menjaga tekanan darah normadalam tubuh. Kandungan serat pada kurma pun turut berperan dalam mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh yang menjadi salah satu pemicu penyakit jantung.

Maka dari itu, Anda bisa mulai mengonsumsi kurma secara rutin setidaknya dua kali seminggu untuk memelihara kesehatan jantung.

7. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Kurma merupakan makanan dengan kandungan jenis serat tidak larut yang dapat membantu memadatkan feses dan melancarkan pencernaan. Selain itu, ada pula manfaat kurma untuk lambung yaitu membantu memelihara mukosa lambung ketika Anda sedang berpuasa. Terlebih buah ini memiliki sifat anti-radang yang dapat menjaga lambung tetap sehat selama berpuasa.

8. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Salah satu manfaat kurma untuk ibu hamil adalah membantu memenuhi kebutuhan nutrisi janin di dalam kandungan. Di mana hal tersebut dapat menurunkan risiko berbagai masalah kesehatan seperti kelahiran prematur atau BBLR (berat badan lahir rendah).

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *